PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BEBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI MTSN 2 MATARAM

DEWI, SAPUTRI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BEBASIS MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS VII DI MTSN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_DEWI SAPUTRI_E1B019035.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_DEWI SAPUTRI_E1B019035.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning berbasis media animasi terhadap hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental dan menggunakan desain Nonequivalent Control. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII B (Kelas Eksperimen) dan VII C (Kelas Kontrol) dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa observasi dan tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 23. Adapun untuk uji Persyaratan analisis yang digunakan untuk uji normalitas yaitu uji Shapiro-Wilk dan uji homogenitas menggunakan uji Levene. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa 0,000<0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model Problem Based Learning berbasis media animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di MTsN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning, Animasi, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:40
Last Modified: 15 Nov 2023 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43377

Actions (login required)

View Item View Item