PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MATARAM

MUHAMMAD IQBAL, ZUWANDI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-M. Iqbal Zuwandi_E1R019105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_ M. Iqbal Zuwandi.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website yang dibuat menggunakan Articulate Storyline 3 pada materi barisan dan deret aritmatika yang memenuhi kriteria valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan minat dan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau research and development (R&D) dengan mengadopsi model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara, angket dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis website pada materi barisan dan deret aritmatika yang valid, praktis, serta efektif. Data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan yaitu sebagai berikut: (1) uji kevalidan yang diukur berdasarkan penilaian oleh 3 validator ahli mendapatkan hasil rata-rata penilaian sebesar 4,61 dengan kategori sangat valid; (2) uji kepraktisan diukur berdasarkan penilaian dari siswa setelah menggunakan media dan memperoleh persentase penilaian rata-rata sebesar 90,83% dari seluruh aspek yang dinilai dengan kategori sangat praktis; kemudian (3) uji keefektifan media dilakukan dengan menganalisis hasil peningkatan minat dan kemandirian belajar dengan uji n-gain dan didapatkan skor gain ternormalisasi secara berturut-turut sebesar 0,56 dan 0,62 dengan kriteria peningkatan sedang. Selain itu, media pembelajaran efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan persentase ketuntasan nilai siswa yang telah mengkuti tes sebesar 85% dengan kriteria efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, Website, Articulate Storyline 3, Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Barisan dan Deret Aritmatika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:40
Last Modified: 15 Nov 2023 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43383

Actions (login required)

View Item View Item