PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA

ADELIA, NOVIYANTI (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MUATAN PELAJARAN IPAS KELAS V SDN 32 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Adelia Noviyanti_E1E019002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Fix artikel bentuk pdf.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 32 Cakranegara yang berjumlah 29 orang. Sedangkan, objek penelitian ini adalah multimedia interaktif berbasis PowerPoint pada muatan pelajaran IPAS. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli media dan ahli materi sedangkan untuk angket responnya menggunakan angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dengan skor penilaian 1-5 yang meliputi analisis kevalidan dan kepraktisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis PowerPoint pada muatan pelajaran IPAS mendapatkan nilai persentase sebesar 80% dengan kategori valid dari ahli media, nilai persentase sebesar 90% dengan kategori sangat valid dari ahli materi, dan nilai persentase sebesar 85% dari semua validator. Hasil angket respon guru mendapatkan nilai persentase sebesar 90,76% dengan kategori sangat praktis, untuk uji coba perorangan mendapatkan nilai persentase sebesar 89,74% dengan kategori sangat praktis, untuk uji coba kelompok kecil mendapatkan nilai persentase sebesar 89,23% dengan kategori sangat praktis, dan untuk uji coba kelompok besar mendapatkan nilai persentase sebesar 88,46% dengan kategori sangat praktis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis PowerPoint pada muatan pelajaran IPAS dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Multimedia interaktif, PowerPoint, IPAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:40
Last Modified: 15 Nov 2023 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43384

Actions (login required)

View Item View Item