PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL TEMA 4 SUBTEMA 3 MATERI MEMILIH MAKANAN SEHAT SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LOPOK

TASHA, RUKMANA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL TEMA 4 SUBTEMA 3 MATERI MEMILIH MAKANAN SEHAT SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LOPOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TASHA E1E019316.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL TASHA E1E019316.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar digital makanan sehat pada muatan mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) bagi siswa kelas III di SD Negeri II Lopok. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis research and development (R & D) dengan menggunakan pendekatan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri II Lopok, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media bahan ajar digital dengan spesifikasi produk diantaranya: 1) website yang dikembangkan menggunakan platfrom google sites; (2) website yang dikembangkan sesuai dengan materi mata pelajaran PJOK materi memilih makanan sehat siswa kelas III, (3) website yang dikembangkan mudah diakses kapanpun dan dimanapun, (4) tampilan website menarik dengan materi yang mudah dipahami serta dapat mendorong siswa untuk belajar secara mandiri, (5) website dilengkapi dengan gambar dan video yang sesuai dengan materi. Hasil uji validasi ahli media diperoleh 92,5% dengan kriteria sangat layak, serta hasil validasi ahli materi diperoleh 94,7% dengan kriteria sangat layak. Sedangkan untuk hasil kepraktisan bahan ajar digital untuk uji coba kelompok besar diperoleh dari 96,5% sedangkan untuk respon guru diperoleh 99,3% dengan kriteria sangat praktis. Media bahan ajar digital melalui google sites tentang materi makanan sehat berguna sebagai alat pendidikan gizi yang sederhana, praktis, cukup jelas dan mudah diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengembangan, bahan ajar digital, makanan sehat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:40
Last Modified: 15 Nov 2023 04:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43389

Actions (login required)

View Item View Item