PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP IT YARSI MATARAM

NUR, HASANAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP IT YARSI MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
FIX SKRIPSI NANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL _ NANA.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality dengan menggunakan pendekatan etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Sugiyono 7 langkah yakni potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk dan yang terakhir revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket validasi dan angket kepraktisan. Teknik analisis data validitas menggunakan rumus V aiken, sedangkan kepraktisan menggunakan rumus persentase. Media pembelajaran telah diuji coba pada siswa kelas VIII-Al Kindi SMP IT YARSI Mataram. Hasil analisis media pembelajaran berbasis augmented reality dengan menggunakan pendekatan etnomatematika dinyatakan valid dan praktis. Kevalidan media pembelajaran diperolah pada tahapan validasi dengan skor 0,83 dan termasuk ke dalam kategori sangat valid. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh pada tahap uji coba dengan skor 84% dan termasuk ke dalam kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Augmented Reality, Etnomatematika, Bangun Ruang, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:41
Last Modified: 15 Nov 2023 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43407

Actions (login required)

View Item View Item