ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMPN 2 PEKAT TAHUN AJARAN 2023/2024

BAIQ NILA, SUSILAWATI (2023) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GASAL SMPN 2 PEKAT TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIIIC semester gasal SMPN 2 Pekat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sumber data menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 6 orang masing-masing 2 dari kemampuan matematika tinggi, 2 dari kemampuan matematika sedang dan 2 dari kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal cerita dan wawancara. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Siswa dengan kemampuan matematika tinggi melakukan kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan keterampilan proses (process skil error) dan kesalahan kesimpulan (encording error); 2). Siswa dengan kemampuan matematika sedang melakukan kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process skil error) dan kesalahan kesimpulan (encording error); 3). Siswa dengan kemampuan matematika rendah melakukan kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan keterampilan proses (process Skil error), dan kesalahan kesimpulan (encording error).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kesalahan siswa, soal cerita, kemampuan matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:41
Last Modified: 15 Nov 2023 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43418

Actions (login required)

View Item View Item