ANALISIS KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA RUMPUN BIDANG STUDI IPA (BIOLOGI, FISIKA, KIMIA) KELAS X MAN 1 MATARAM

ERVIN YANPIET, AIBEKOB (2023) ANALISIS KESULITAN GURU DAN SISWA DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA RUMPUN BIDANG STUDI IPA (BIOLOGI, FISIKA, KIMIA) KELAS X MAN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ERVIN YANPIET AIBEKOB (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
Artikel_Ervin Yanpiet Aibekob (1).pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Merdeka belajar merupakan tawaran dalam merekonstruksi sistem pendidikan dalam rangka menyongsong perubahan dan kemajuan bangsa yang dapat menyesuaikan dengan perubahan zaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesulitan yang dialami guru dan siswa kelas X dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada rumpun bidang studi IPA (biologi, fisika, kimia). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Mataram. Teknik sampel yang terdiri dari guru dan siswa dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini siswa kelas X yang berjumlah 37 orang. Instrument penelitian ini berupa angket yang di kolaborasikan dengan wawancara dan observasi. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kesulitan yag dialami guru adalah tahap penyesuaian guru dengan kurikulum merdeka belajar menyebabkan guru masih kusulitan dari segi pembuatan modul, sarana dan prasarana, perubahan jam pelajaran, kurangnya sosialsai dan pelatiahan. kesulitan yang dialami siswa dari segi penyampaian materi 56,1%, proses pembelajaran berlangsung 51%,tidak sesuai dengan tujuan pendidikan nasional 51%,pembagian jurusan 51,4% dan tidak setuju dengan penerapan kurikulum 51,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kurikulum Merdeka belajar, Kesulitan Guru dan siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 15 Nov 2023 04:41
Last Modified: 15 Nov 2023 04:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43438

Actions (login required)

View Item View Item