PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 17 MATARAM KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL

MAR’, ATUN (2023) PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 17 MATARAM KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAR'ATUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
3935-Article Text-19738-1-10-20230605.pdf

Download (479kB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematika merupakan pondasi untuk mendapatkan pengetahuan matematika. Kemampuan penalaran sangat berhubungan erat dengan pola berfikir logis, analitis, dan kritis. Kemampuan penalaran sangar berperan penting dalam mensukseskan pembelajaran matematika, salah satunya yaitu untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah. Namun kenyataanya banyak siswa yang memiliki kemampuan penalaran yang masih rendah. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematika salah satunya gaya belajar visual. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa SMP Negeri 17 Mataram pada materi sistem persamaan linear dua variabel serta untuk mengetahui pengaruh gaya balajar visual terhadap kemampuan penalaran matematika pada siswa SMP Negeri 17 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 24 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitain ini adalah angket gaya belajar visual menggunakan skala likert dan soal tes kemampuan penalaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dapat dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas, uji hipotesis, regresi linear sederhana dan koefisien determinan. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan penalaran matematika siswa SMP 17 Mataram kelas VIII sebagian besar termaksud dalam tingkat sedang dengan persentase 54,2%; (2) Gaya belajar visual siswa SMP Negeri 17 Mataram kelas VIII sebagian besar termaksud dalam tingkat sedang dengan persentase 58,3%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap kemampuan penalaran matematika siswa SMP Negeri 17 Mataram kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel., dengan pengaruh sebesar 42,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengaruh, Gaya Belajar Visual, Penalaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:53
Last Modified: 17 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43447

Actions (login required)

View Item View Item