PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK KLINIK TERAPI MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: KLINIK RUMAH TERAPI SAHABAT)

Fauziyah Aulia, Rachim (2023) PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI BERBASIS WEB UNTUK KLINIK TERAPI MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN (STUDI KASUS: KLINIK RUMAH TERAPI SAHABAT). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Tugas Akhir II_F1D019025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_F1D019025.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Poster Tugas Akhir _F1D019025.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Klinik Rumah Terapi Sahabat merupakan sebuah klinik berlokasi di Pagesangan Barat yang telah berdiri selama kurang lebih tujuh tahun semenjak didirikan. Berdasarkan hasil observasi, Focus Group Discussion, dan wawancara, Klinik ini memiliki prosedur operasional yang cukup panjang dimulai dari pendaftaran pasien hingga proses terapi yang dapat memakan waktu yang lama dan semua proses ini dilakukan dan direkam secara manual menggunakan pembukuan. Hal ini membuat banyaknya data pasien, absensi terapis dan perkembangan terapi yang harus didata dan disimpan secara manual sehingga terdapat banyak buku yang disimpan oleh klinik. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan teknologi untuk digitalisasi penyimpanan data klinik sehingga dapat diakses secara mudah oleh staf Klinik. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, maka dibutuhkan sebuah aplikasi berbasis website untuk klinik dengan fitur penyimpanan data pasien dan terapis serta penjadwalan terapi. Untuk dapat merealisasikan aplikasi tersebut maka diperlukan User Interface dan User Experience. Metode yang digunakan untuk menciptakan UI dan UX dari aplikasi berbasis website yang sesuai dengan keinginan calon pengguna ialah metode User Centered Design. Melalui metode ini, akan dihasilkan sebuah prototipe front end untuk aplikasi berbasis website yang sesuai dengan kebutuhan staf klinik. Setelah tercipta antarmuka yang baik maka akan dilakukan pengujian dengan menggunakan metode System Usability Scale dan User Experience Questionnaire untuk mengetahui bagaimana fungsionalitas desain antarmuka dan pengalaman staf klinik selama menggunakan prototipe ini serta aspek yang dapat ditingkatkan kedepannya. Berdasarkan hasil pengujian SUS, didapatkan skor akhir 84 atau “Excellent” serta lima dari enam kategori UEQ memiliki penilaian “Excellent”

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Klinik, UI/UX, UCD, SUS, UEQ
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:54
Last Modified: 17 Nov 2023 07:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43463

Actions (login required)

View Item View Item