PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI PECAHAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS III SDN No. 01 KEMPO TAHUN AJARAN 2022/2023

ARIANI, INDRAWATI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI PECAHAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS III SDN No. 01 KEMPO TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARIANI INDRAWATI PGSD (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Fix Ariani (2).pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran di kelas III SDN No.01 Kempo. Guru hanya menulis materi di papan tulis kemudian diperjelas dengan bantuan buku tema. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media puzzle pada materi pecahan untuk siswa kelas III SDN No.01 Kempo, (2) menghasilkan produk yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN No. 01 Kempo, Kecamatan kempo, Kabupaten Dompu, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 18, Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes, Angket yang dugunakan dalam penelitian ini adalah angket ahli materi, Ahli media, angket respon siswa dan angket respon guru, tes yang digunakan disini adalah berupa pilihan ganda sebanyak 10 nomor, Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle sudah memenuhi kriteria valid dengan persentase 89,77% dari ahli media dan 74,2% dari ahli materi. Sedangkan dari respon guru dan siswa menunjukkan bahwa media puzzle pada materi pecahan sudah memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 81, 21% dari respon guru dan 71,66% dari respon siswa. Berdasarkan hasil rata-rata pretest dan posttest didapat peningkatan sebesar 53,94% pada nilai posttest siswa, dengan kriteria tinggi ada 18 orang atau 92,22% yang menunjukkan bahwa peningkatan nilai siswa berada pada kriteria tinggi. Jika dilihat dari kriteria ketuntasan maksimum (KKM) yaitu 70, maka persentase tingkat ketuntasan nilai siswa sebesar 100% dengan rata-rata posttest yaitu 92. Maka dapat dinyatakan bahwa media Puzzle pada materi pecahan sudah layak dari aspek valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas III SDN No.01 Kempo

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Puzzle, Pecahan, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 17 Nov 2023 07:57
Last Modified: 17 Nov 2023 07:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43478

Actions (login required)

View Item View Item