ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII-C SMPN 2 BAYAN TAHUN AJARAN 2023/2024

NANIK, KHAERONI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DITINJAU DARI KECERDASAN LOGIS MATEMATIS SISWA KELAS VII-C SMPN 2 BAYAN TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NANIK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
10620-Article Text-45509-1-18-20231103.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (192kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan tahapan Polya dalam menyelesaikan soal materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel ditinjau dari kecerdasan logis matematis. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas VII-C SMPN 2 Bayan tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 2 siswa kategori tinggi, 2 siswa kategori sedang, dan 2 siswa kategori rendah. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Tehnik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini diperoleh (i) siswa dengan kecerdasan logis matematis tinggi dapat melalui semua tahap yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. (ii) siswa dengan kecerdasan logis matematis sedang hanya dapat melalui tiga tahapan indikator yaitu memahami masalah, menyusun rencana, dan melaksanakan rencana tetapi tidak bisa melalui tahap memeriksa kembali. (iii) siswa dengan kecerdasan logis matematis rendah hanya melalui tahap memahami masalah tetapi belum bisa melalui tahap menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Diharapkan agar siswa lebih banyak melatih dan membiasakan diri mengerjakan soal-soal pemecahan masalah serta soal-soal kecerdasan logis matematis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan logis matematis, Polya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 19 Nov 2023 23:47
Last Modified: 19 Nov 2023 23:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43489

Actions (login required)

View Item View Item