NIA, AGUSTINA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI baru nia1234 fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
Text
10621-Article Text-45624-1-10-20231104.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan indikator Polya dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial ditinjau dari self-efficacy. Subjek penelitian yaitu 4 orang siswa kelas VII SMP Negeri 4 Gunungsari tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 siswa kategori tinggi dan 2 siswa kategori rendah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, tes dan wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diperoleh (i) siswa dengan tingkat self-efficacy tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi dapat melalui semua tahap kemampuan pemecahan masalah yaitu memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. (ii) siswa dengan tingkat selfefficacy rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah pula dilihat dari hasil pekerjaan siswa hanya melalui dua tahap yaitu tahap memahami masalah dan melaksanakan rencana. Dengan saran bagi peserta didik yang berada di setiap tingkatan kategori self-efficacy dan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis, diharapkan dapat lebih memaksimalkan lagi kemampuan yang dimiliki.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | analisis kemampuan pemecahan masalah, self-efficacy, polya, soal aritmatika sosial. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 23:48 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 23:48 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43490 |
Actions (login required)
View Item |