EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL SEBELUM DAN SESUDAH PEMASANGAN INTELLIGENT TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ITCS) (Studi Kasus: Simpang Bersinyal Dasan Cermen Kota Mataram) PERFORMANCE EVALUATION OF SIGNALIZED INTERSECTION BEFORE AND AFTER THE INSTALLATION OF INTELLIGENT TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ITCS) (Case Study: Dasan Cermen Signalized Intersection in Mataram City)

MAYA, MASITA (2023) EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL SEBELUM DAN SESUDAH PEMASANGAN INTELLIGENT TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ITCS) (Studi Kasus: Simpang Bersinyal Dasan Cermen Kota Mataram) PERFORMANCE EVALUATION OF SIGNALIZED INTERSECTION BEFORE AND AFTER THE INSTALLATION OF INTELLIGENT TRAFFIC CONTROL SYSTEM (ITCS) (Case Study: Dasan Cermen Signalized Intersection in Mataram City). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A018063-Maya Masita-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
F1A018063-Maya Masita-Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persimpangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari semua sistem jalan, sebab persimpang merupakan tempat bertemu dan berganti arah lalu lintas dari dua jalan atau lebih. Di Indonesia persimpangan yang dikendalikan dengan lampu lalu yang sudah ada masih perlu dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan para pengendara, dimana dibutuhkannya sistem yang efisien sebagai upaya penertiban arus lalu lintas. Untuk meningkatkan efisiensi dan optimasi kinerja persimpangan adalah dengan menggunakan Intelligent Traffic Control System (ITCS). Persimpangan di Kota Mataram yang telah dipasang perangkat ITCS dan masih beroperasi yakni persimpangan Dasan Cermen. Dalam penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja Simpang Bersinyal Dasan Cermen Kota Mataram pada kondisi sebelum dan sesudah diterapkan Intelligent Traffic Control System (ITCS). Metode yang digunakan untuk menganalisa kinerja simpang adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil penelitian menunjukkan jam puncak terjadi pada hari Rabu, pukul 06.30 - 07.30 WITA dengan volume lalu lintas sebesar 2320 smp/jam. Kinerja simpang sebelum pemasangan ITCS didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) rata-rata sebesar 1,273, tundaan (D) rata-rata simpang 732,222 det/smp dan panjang antrian (QL) rata-rata sebesar 399,004 m. Kinerja simpang sesudah pemasangan ITCS didapatkan nilai derajat kejenuhan (DS) rata-rata sebesar 1,271, tundaan (D) rata-rata simpang 646,771 det/smp dan panjang antrian (QL) rata-rata sebesar 381,919 m. Setelah pemasangan ITCS terdapat peningkatan kinerja simpang berdasarkan derajat kejenuhan (DS) 0,2%, tundaan (D) 10,6% dan panjang antrian (QL) 4,3%

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ITCS, derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:17
Last Modified: 22 Nov 2023 01:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43515

Actions (login required)

View Item View Item