PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN POSTER UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL DAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 DI TK NEGERI PEMBINA SELONG PADA TAHUN AJARAN 2023

WINDA, YULI ALFINA (2023) PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN POSTER UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL DAN DISIPLIN ANAK USIA 5-6 DI TK NEGERI PEMBINA SELONG PADA TAHUN AJARAN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WINDA YULI ALFINA 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL WINDA YULI ALFINA.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan metode bercerita menggunakan poster untuk meningkatkan nilai moral dan Disiplin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai moral dan disiplin dapat meningkat melalui penerapan metode bercerita menggunakan poster pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Selong pada tahun ajaran 2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. subyek yang diteliti dalam penelitian ini yakin 16 orang anak kelompok B dan 1 orang guru. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif. Langkahlangkah penelitian ini menggunakan 3 tahapan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masingmasing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode bercerita menggunakan poster pada siklus I mendapatkan skor 36 dengan persentase 75% termasuk kategori terlaksana dengan baik, kemudian nilai moral dan disiplin anak pada siklus I mendapatkan skor 334,5 dengan persentase 65,32% termasuk kategori baik. Dan penerapan metode bercerita menggunakan poster mengalami peningkatan dengan jumlah skor 44,5 dengan persentase sejumlah 93% termasuk kategori terlaksana dengan sangat baik, serta nilai moral dan disiplin anak memperoleh skor 439 dengan persentase sejumlah 85,73% termasuk kategori sangat meningkat pada siklus II sehingga sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu 85%. Kesimpulan penelitian ini ialah penerapan metode bercerita menggunakan poster dapat meningkatkan nilai moral dan disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Selong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilai moral dan disiplin, metode bercerita.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43518

Actions (login required)

View Item View Item