HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DAN BIMBINGAN GURU DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 AMBALAWI KECAMATAN AMBALAWI KABUPATEN BIMA

NUR, INAYATULLAH (2023) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN ORANG TUA DAN BIMBINGAN GURU DALAM BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 AMBALAWI KECAMATAN AMBALAWI KABUPATEN BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NUR INAYATULLAH_E1B019143.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL NUR INAYATULLAH.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua dan bimbingan guru dalam belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis korelasional. Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. Setelah data normal, homogen dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis korelasi product moment dan korelasi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada hubungan antara bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,390 lebih rendah dari rtabel = 0,432 pada taraf signifikansi 5%. (2) tidak ada hubungan antara bimbingan guru terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung = 0,22 lebih rendah dari rtabel= 0,432 pada taraf signifikansi 5%. (3) tidak ada hubungan antara bimbingan orang tua dan bimbingan guru dalam belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis korelasi ganda diperoleh nilai F change = 0,150 > 0,05 maka bisa disimpulkan bahwa variabel bimbingan orang tua dan bimbingan guru secara simultan tidak memiliki hubungan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Ambalawi Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bimbingan orang tua, Bimbingan guru, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 22 Nov 2023 01:18
Last Modified: 22 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43523

Actions (login required)

View Item View Item