ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN GOCAR DAN GRABCAR DI KOTA MATARAM The Analysis Of Factors Affecting The GoCar And GrabCar Demand At Mataram City

SUA, EB (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN GOCAR DAN GRABCAR DI KOTA MATARAM The Analysis Of Factors Affecting The GoCar And GrabCar Demand At Mataram City. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
F1A019170-Suaeb-Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
F1A019170-Suaeb-Artikel.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang terjadi pada dunia global saat ini, mengakibatkan terjadinya perubahan pada pemilihan moda transportasi di Indonesia, khususnya yang terjadi di kota Mataram. Selain itu, ketidakmampuan pemerintah dalam menyediakan transportasi umum menyebabkan masyarakat beralih ke transportasi lain yang lebih memudahkan dan mempersingkat waktu perjalanan yaitu transportasi online. Layanan transportasi berbasis aplikasi atau online saat ini menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Salah satu jenis jasa transportasi online terbesar dan terpopuler saat ini yang menggunakan sistem daring (online) adalah Gojek dan Grab. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan trasportasi online yaitu GoCar dan GrabCar. Analisis yang dilakukan adalah analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh variabel yang telah ditentukan yaitu variabel biaya, jarak, pendapatan, jumlah anggota keluarga, kepemilikan kendaraan pribadi dan waktu tunggu. Dalam hasil penelitian ini, pada permintaan GoCar berpengaruh secara parsial oleh faktor biaya, jarak, dan pendapatan. Sementara pada permintaan GrabCar berpengaruh secara parsial oleh faktor biaya dan jarak. Pada permintaan GoCar dan GrabCar di Kota Mataram berpengaruh secara parsial oleh semua faktor-faktor tersebut. Keseluruhan variabel bebas dalam model ini memiliki pengaruh secara simultan terhadap permintaan GoCar dan GrabCar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Transportasi online, permintaan GoCar dan GrabCar , Regresi linier berganda, Parsial, Simultan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 23 Nov 2023 05:19
Last Modified: 23 Nov 2023 05:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43565

Actions (login required)

View Item View Item