PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KECERDASAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TAHUN 2023/2024

Baiq Amami, Suryana (2023) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KECERDASAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TAHUN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ AMAMI SURYANA FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL FIX BAIQ AMAMI SURYANA.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LOA JURNAL-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain peran makro terhadap kecerdasan bahasa anak kelompok B di TK Rinjani. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen dengan bentuk one group pretest dan posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B1 dan B2 yang ada di TK Rinjani sejumlah 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 siswa. Untuk penentuan sampel menggunakan random sampling yaitu sampel ditentukan secara acak, dilakukan pengundian kelompok B1 dan B2 . Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji reliabilitas menggunkaan spearman brown, uji normalitas menggunakan kolmogorov smirnov, dan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel test. Hasil penelitian yang dilakukan ada perbedaan kecerdasan bahasa antara sebelum perlakukan pelaksanaan metode bermain peran makro dengan setelah perlakuan pelaksanaan metode bermain peran makro. Kecerdasan bahasa anak setelah diberi perlakuan metode bermain peran makro lebih tinggi dari pada sebelumnya, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil pretest kecerdasan bahasa anak 22,22 dan rata-rata hasil posttest kecerdasan bahasa anak 41,33. Selanjutnaya dianalisis menggunakan uji reliabilitas instrumen dapat diketahui reliabilitas sebesar 0,685 yang menunjukkan data dalam kategori tinggi reliabelnya. Uji normalitas dapat diketahui nilai signifikan 0,20 > 0,05 yang menunjukkan data berdistribusi normal. Setelah data dinyatakan tinggi reliabelnya dan berdistribusi normal maka dapat dilanjutkan dengan menggunakan uji hipotesis dengan rumus paired samples test. Hasil pengujian hipotesis jika thitung > ttabel yaitu 19,145 > 2,145 maka Ha diterima Ho ditolak pada taraf signifikansi α 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh metode bermain peran makro terhadap kecerdasan bahasa anak kelompok B Tahun 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bermain Peran Makro, Kecerdasan Bahasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:28
Last Modified: 24 Nov 2023 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43594

Actions (login required)

View Item View Item