EFEKTIVITAS METODE OUTING CLASS UNTUK MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA REMPUNG

Emilia, Nurdiana (2023) EFEKTIVITAS METODE OUTING CLASS UNTUK MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA REMPUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EMILIA NURDIANA E1F019027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL PUBLISH EMILIA NURDIANA.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
1786. Letter Of Acceptance (LoA) - Penulis -Emilia Nurdiana, I Nyoman Suarta, Fahruddin, Nurhasan.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional sangat penting untuk dikembangkan sejak dini, agar anak lebih bisa untuk beradaptasi dalam situasi dan kondisi apapun dan dimanapun. Dalam membantu menstimulus perkembangan sosial emosional anak tentunya diperlukan berbagai metode yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran salah satunya metode outing class ialah belajar dan bermain yang dilakukan di luar ruangan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, apakah metode outing class efektif untuk mengembangkan sosial emosional anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Rempung? Sedangkan, tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode outing class untuk mengembangkan sosial emosional anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Rempung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 anak, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, analisis data menggunakan statistika rumus t-test. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa metode outing class efektif untuk mengembangkan sosial emosional anak yang ditunjukan dengan hasil analisis data menggunakan taraf signifikan ɑ 0,05 dengan df 14 bahwa thitung ˃ ttabel yaitu 49,293 ˃ 2,145 maka uji hipotesis dalam penelitian ini yang dimana berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan µ1 < µ2 atau 435 < 679. Kesimpulan penelitian ini yaitu metode outing class efektif untuk mengembangkan sosial emosional anak pada kelompok B TK Dharma Wanita Rempung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode outing class, sosial emosional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:28
Last Modified: 24 Nov 2023 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43595

Actions (login required)

View Item View Item