PENERAPAN SAINS PERMULAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-IKHSAN BORE TAHUN 2023

EVI ARIANI, SUTOMO (2023) PENERAPAN SAINS PERMULAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-IKHSAN BORE TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVI ARIANI SUTOMO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL EVI ARIANI SUTOMO.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LoA_JSA_Evi Ariani Utomo_400 (1).pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sains permulaan untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ikhsan Bore Tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subjek sebanyak 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan usia 5-6 tahun. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini terdapat langkah-langkah dalam penerapannya yaitu : Pertama, persiapan untuk menyiapkan alat dan bahan selama kegiatan menanam bijibijian,membuat lembar hasil belajar anak dan menyiapkan peserta didik dalam mengikuti kegiatan. Kedua, pembuka untuk membuka wawasan anak. Ketiga, pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama enam hari dengan kegiatan mengamati pertumbuhan tanaman dan membandingkan pertumbuhan tanaman dan keempat yaitu penutup, untuk menanyakan kembali tentang pelajaran yang sudah didapat dan dilakukan. Hasil penelitian dalam penerapan sains permulaan untuk mengembangkan kognitif yaitu dengan menggunakan 13 indikator yang paling dominan berkembang sangat baik (BSB) yaitu pada kemampuan anak dalam memahami bahwa air dapat menyebabkan pertumbuhan pada tanaman biji- bijian dan indikator yang kurang berkembang dengan kategori mulai berkembang (MB) yaitu pada kemampuan anak menceritakan proses perkembangan pada tanaman biji-bijian. Perkembangan kognitif anak yang diamati menunjukkan terdapat 5anak dengan kategori mulai berkembang (MB), 9 anak dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dan 5 anak berkembang sangat baik (BSB). Kegiatan menanam biji-bijian yang dilakukan dengan benar dan sistematis dapat mengembangkan kognitif anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kognitif, Anak Usia Dini, Sains Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:28
Last Modified: 24 Nov 2023 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43596

Actions (login required)

View Item View Item