PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 PRINGGABAYA

SENDI NUR, AULIA (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMAN 1 PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SENDI NUR AULIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SENDI NUR AULIA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Salah satu metode pembelajaran sosial adalah metode pembelajaran role playing yang melibatkan pemberian karakter kepada siswa untuk dimainkan dalam konten atau peristiwa yang disajikan sebagai kisah langsung. Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa lah yang menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk dapat diketahui. Studi ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Tahapan penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan digunakan untuk mengkaji data pada penelitian ini. Observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara merupakan instrumen penelitian yang digunakan. Hasil temuan menunjukkan keaktifan siswa pada siklus ke-I sebeser 62,5% atau 20 siswa yg aktif dari 32 siswa di kelas mengalami peningkatan sebesar 21,9% menjadi 84,4% atau 27 siswa yang aktif. Sedangkan pada hasil belajar, sikluas 1 menunjukkan data sebesar 59% atau 17 siswa yang tuntas kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 84,4% atau 27 siswa yang tuntas dari 32 siswa di kelas. Data statistik ini membuktikan bahwa penggunaan model role playing berbantuan media film dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Pringgabaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hasil belajar, keaktifan, media film, role playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:28
Last Modified: 24 Nov 2023 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43601

Actions (login required)

View Item View Item