PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 SMAN 1 PRINGGABAYA

QISTINA MEI, SABIL (2023) PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE BERBANTUAN MEDIA VIDEO DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 2 SMAN 1 PRINGGABAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI QISTINA MEI SABIL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL QISTINA MEI SABIL.pdf

Download (237kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here berbantuan Media Video di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pringgabaya dapat membantu siswa kelas IX IPS 2 SMAN 1 Pringgabaya untuk meningkatkan aktivitas belajar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang memiliki empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah Siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pringgabaya, sementara informan dalam penelitian adalah Guru mata pelajaran Sosiologi. Hasil penelitian menunjukkanketerlaksanaan metode Everyone Is Teacher Hereberbantuan media Video Oleh guru 65%, sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa 56% pada siklus I namun belum memenuhi indikator keberhasilan 80%, sehingga dilanjutkan pada Siklus II. Keterlaksanaan metode Everyone Is Teacher Hereberbantuan media Video Oleh guru 87%, sedangkan peningkatan aktivitas belajar siswa 85% pada Siklus II menunjukkan peningkatan telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Sehingga penerapan metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here berbantuan media Video dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pringgabaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Everyone Is Teacher Here, Media Video, Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:28
Last Modified: 24 Nov 2023 08:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43602

Actions (login required)

View Item View Item