PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOG/CRITICAL THINKING (DD/CT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 1 BATUKLIANG

ALUH HANISA, NURLIANA (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOG/CRITICAL THINKING (DD/CT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMAN 1 BATUKLIANG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Aluh Hanisa Nurliana_E1A019005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
1803-Article Text-8896-1-10-20231108.pdf
Restricted to ["security_typename_anyone" not defined]

Download (212kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Batukliang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Jenuh, di mana semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sampel. Instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi adalah tes tulis berupa pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat dari penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney. Hasil uji Mann Whitney pada data berpikir kritis dan hasil belajar menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis, menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Batukliang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT), Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:52
Last Modified: 27 Nov 2023 07:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43607

Actions (login required)

View Item View Item