ANALISIS KESALAHAN DAN PENGARUH SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023

Mufti Nida, Uliya (2023) ANALISIS KESALAHAN DAN PENGARUH SCAFFOLDING DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG KABUPATEN LOMBOK UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan jenis kesalahan yang dialami siswa dengan mengacu pada indikator kesalahan pada teori Kastolan, scaffolding yang dapat mengurangi kesalahan siswa, dan bagaimana pengaruh scaffolding pada siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 4 siswa, subjek dipilih sebagai perwakilan dengan alasan keempat subjeklah yang memiliki jenis kesalahan yang paling banyak. Pemilihan subjek tersebut menggunakan teknik simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan model penerapan teori Miles & Huberman: 1) Pengumpulan data, 2) Kondensasi data, 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kesalahan yang dialami siswa saat pengerjaan soal tes meliputi 3 jenis kesalahan yaitu kesalahan konseptual, prosedural, teknik. Persentase kesalahan sebesar 35,7%, kesalahan prosedural dengan persentase kesalahan sebesar 54,8%, dan kesalahan teknik dengan persentase kesalahan sebesar 38,1%; 2) Penerapan scaffolding pada 4 subjek penelitian yang melakukan diperoleh bahwa kesalahan konseptual lebih cocok diberikan scaffolding level 2 yaitu explaining: showing and telling. Sedangkan pada kesalahan prosedural, scaffolding yang cocok adalah scaffolding level 2 yaitu explaining: telling. Pada kesalahan teknik scaffolding yang cocok adalah scaffolding level 2 yaitu reviewing: interpreting students actions; 3) Setelah diberikan scaffolding, kesalahan yang dilakukan siswa berkurang secara signifikan dari sebelum diberikan scaffolding.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analisis kesalahan, scaffolding, teori Kastolan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:52
Last Modified: 27 Nov 2023 07:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43608

Actions (login required)

View Item View Item