PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKADITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PUJUT TAHUN PELAJARAN 2022/2023

CHAUSAR, AL FASHA (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKADITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PUJUT TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAH WISUDA fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar visual, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial, (3) pengaruh motivasi belajar terhadap hasli belajar matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX siswa SMP Negeri 2 Pujut tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 119 siswa . Dengan sampel menggunakan seluruh populasi sejumlah 119 siswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket yang berisi 25 pertanyaan dan soal tes yang berisi 4 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar visual siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pujut memberikan pengaruh sebesar 21,3%, (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pujut memberikan pengaruh sebesar 41,3%, dan (3) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya belajar kinestetik siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pujut memberikan pengaruh sebesar 51,3%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa ditinjau dari gay belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Pujut Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:52
Last Modified: 27 Nov 2023 07:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43609

Actions (login required)

View Item View Item