ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN JENIS KELAMIN SISWA PADA MATERI RASIO TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NW MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

SRI AYU, PRABAWATI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA BERDASARKAN JENIS KELAMIN SISWA PADA MATERI RASIO TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NW MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI AYU PRABAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SRI AYU PRABAWATI.pdf

Download (953kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika berdasarkan jenis kelamin siswa pada materi rasio trigonometri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA NW Mataram tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan literasi matematika, wawancara, dan dokumentasi. Indikator kemampuan literasi matematika yang diukur meliputi komunikasi matematis, representasi matematis, penalaran matematis, memecahkan masalah, menggunakan simbol, operasi, dan teknik serta alat matematika, dan argumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan literasi matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan tidak ada yang berada pada kategori tinggi, 5 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan pada kategori sedang. Sedangkan kemampuan literasi matematika siswa pada kategori rendah, terdapat 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Secara keseluruhan rata-rata kemampuan literasi matematika siswa laki-laki yaitu 17,38, sedangkan siswa perempuan sebesar 12,33. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan literasi matematika siswa laki-laki lebih tinggi daripada siswa perempuan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jenis Kelamin, Kemampuan Literasi Matematika, Rasio Trigonometri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:52
Last Modified: 27 Nov 2023 07:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43612

Actions (login required)

View Item View Item