PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN JIGSAW DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 20 MATARAM

Laila, Maghfira (2023) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN JIGSAW DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 20 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LAILA MAGHFIRA (E1R019079).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
Articel skripsi Laila Maghfira (E1R019079).pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam penerapannya membutuhkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kurikulum tersebut. Salah satu model pembelajaran yang mendukung kurikulum merdeka adalah model problem based learning dan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Kedua model ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan diharapkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan kedua model pembelajaran tersebut yang merupakan tujuan dari penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian semu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 20 Mataram yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 66 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes pemecahan masalah yang berupa tes awal dan tes akhir berbentuk uraian. Instrumen penelitian ini berupa pretest, post-test, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Sample t-Test. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model problem based learning dan jigsaw dalam implementasi kurikulum merdeka materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 20 Mataram. Pembelajaran kooperatif jigsaw direkomendasikan untuk dijadikan alternatif dalam penerapan kurikulum merdeka

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan pemecahan masalah, problem based learning, jigsaw, kurikulum merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43613

Actions (login required)

View Item View Item