PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DASAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2023

ARIDA, OKTAVIANI PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI DASAR ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI 1 LABUAPI TAHUN AJARAN 2023. UNSPECIFIED thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ARIDA OKTAVIANI_E1F019006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Arida Oktaviani.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh penerapan model pembelajaran saintifik terhadap peningkatan literasi dan numerasi dasar anak kelompok B. jenis penelitian yang digunakan eksperimen, pendekatan kuantitatif, dan one group pretest-posttest design dengan subjek penelitian 21 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan teknik analisis data berupa paired samples test dengan bantuan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ada perbedaan perkembangann literasi dan numerasi dasar anak antara sebelum penerapan model pembelajaran saintifik dengan setelah penerapan model pembelajaran saintifik. Perkembangan literasi dan numerasi dasar anak setelah penerapan model pembelajaran saintifik lebih tinggi daripada sebelumnya, ini dibuktikan dengan rata-rata hasil pre-test perkembangan literasi 49,85 dan rata-rata hasil post-test perkembangan literasi 72,09 untuk rata-rata hasil pre-test perkembangan numerasi dasar 41,81 dan rata-rata hasil post-test perkembangan numerasi dasar 62,23. Disimpulkan, ada pengaruh penerapan model pembelajaran saintifik terhadap peningkatan literasi dan numerasi dasar anak kelompok B di TK Negeri 1 Labuapi. Diharapkan pada semua pihak yang berkomitmen untuk meningkatkan perkembangan literasi dan numerasi dasar pada anak usia dini dapat diselesaikan dengan menerapkan model pembelajaran saintifik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43615

Actions (login required)

View Item View Item