INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA KELAS AWAL DI SDN 1 KEMPO 2023

SINTIA, NURYA (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA KELAS AWAL DI SDN 1 KEMPO 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SINTYA_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
3780-Article Text-18397-1-10-20230515.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter, pelaksanaandan kendalainternalisasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada siswa kelas awal di SDN 1 Kempo Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi dan analisis data menggunakan model alir dari Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada siswa kelas awal yaitu nilai religious, jujur, toleransi, disiplin, dan gemar membaca serta menulis. Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada siswa kelas awal yaitu sebagai berikut: (1). Pelaksanaan internalisasi dilaksanakan sesuai dengan tahap atau level kelas siswa, (2). Pelaksanaan internalisasi berada pada tahap transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai, (3). Pelaksanaan gerakan literasi sekolah pada siswa kelas awal yaitu kelas 1, 2 dan 3 dilaksanakan pada tiga tahap yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, pembelajaran, dan pada tahap pembelajaran guru menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran. Kendala dan upaya dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada siswa kelas awal adalah waktu, kurangnya pemahaman guru dan kurangnya pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan Karakter, Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Dasar Negeri 1 Kempo.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43617

Actions (login required)

View Item View Item