PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN VERBAL-LINGUSTIK ANAK KELOMPOK B DI PAUD ASH-SHIDDIQI FATHURRAHMAN TAHUN 2023

DIAH, HIDAYATI (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP KECERDASAN VERBAL-LINGUSTIK ANAK KELOMPOK B DI PAUD ASH-SHIDDIQI FATHURRAHMAN TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIAH HIDAYATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL DIAH HIDAYATI .pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B. Jenis penelitian yang digunakan ekperimen berbentuk one group pre-test post-test design dengan subjek penelitian 12 anak kelompok B. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan teknik analisis data berupa paired sample test dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian, sebelum perlakuan didapatkan nilai rata-rata pre-test 34,83 dan setelah perlakuan didapatkan peningkatan nilai rata-rata post-test menjadi 52,08. Hasil perhitungan menunjukkan thitung > ttabel yaitu 17, 365 > 2,201 maka Ha diterima, Ho ditolak pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan df 11. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan kecerdasan verbal linguistik sebelum dan setelah penggunaan media audio-visual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan media audio-visual terhadap kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B di PAUD Ash-Siddiqi Fathurrahman Tahun 2023, sehingga media audio-visual dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam mengembangkan kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Audio-Visual, Kecerdasan Verbal Linguistik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43618

Actions (login required)

View Item View Item