PENGEMBANGAN MEDIA GAYANGTHEMAN (GAMBAR WAYANG TUMBUHAN HEWAN DAN MANUSIA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDONGENG ANAK KELOMPOK B DI PAUD ASH-SHIDDIQI FATHURRAHMAN TAHUN AJARAN 2023/2024

DENDA, SA’ADAH (2023) PENGEMBANGAN MEDIA GAYANGTHEMAN (GAMBAR WAYANG TUMBUHAN HEWAN DAN MANUSIA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDONGENG ANAK KELOMPOK B DI PAUD ASH-SHIDDIQI FATHURRAHMAN TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_DENDA SA'ADAH (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Denda Sa'adah.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Gayangtheman agar dapat meningkatkan keterampilan mendongeng anak kelompok B di PAUD AshShddiqi Fathurrahman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan pada 3 tahap pengembangan yakni tahap pengembangan I, II, dan III yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 6 kali pertemuan dalam tiga tahap pengembangan. Subjek penelitian ini adalah 10 anak kelompok B di PAUD Ash-Shddiqi Fathurrahman. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan mendongeng anak mengalami peningkatan dari tahap ke tahap. Pada tahap pengembangan I capaian keterampilan mendongeng anak berada dikategori mulai berkembang dengan rata-rata persentase sebesar 41,45%. Kemudian mengalami peningkatan pada tahap pengembangan II menjadi 54,87% dan dikategorikan berkembang sesuai harapan. Selanjutnya mengalami peningkatan pada tahap pengembangan III sebesar 77,25% dan dikategorikan berkembang sanfat baik. Sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Gayangtheman dapat meningkatkan keterampilan mendongeng anak kelompok B di PAUD Ash-Shddiqi Fathurrahman tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media, Gayangtheman, Mendongeng
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43619

Actions (login required)

View Item View Item