PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUANMEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PPKN KELAS VII-1 SMPN 5 PRAYA

ARIF, SUHARDIMAN (2023) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING BERBANTUANMEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PPKN KELAS VII-1 SMPN 5 PRAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARIF_SKRIPSI-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10902-Article Text-46083-1-10-20231114.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah jenis PTK, menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan buat mempertinggi hasil belajar peserta didik. daerah penelitian ini pada SMPN 5 Praya, dengan populasi serta sampelnya semua peserta didik kelas VII-1 SMPN 5 Praya. Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik purposif sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi serta teknik tes belajar. Data dianalisis berdasarkan ketercapaian indikator. Adapun prosedur di penelitian ini dilalui selama empat siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Hasil analisis data menunjukan yaitu, penelitian siklus I menyatakan, jumlah indikator penerapan metode role playing berbantuan media gambar sebagai variabel tindakan yang timbul sebanyak 19 deskriptor (73%). Persentase variabel harapan berupa peningkatan hasil belajar sebesar 8 peserta didik (32%). Diakhir setiap siklus dilakukan refleksi untuk mengetahui penyebab indikator kinerja belum tercapai dan dilakukan perbaikan. Pada pembelajaran di siklus II mengalami peningkatan sebesar 23 deskriptor (88%). Seiring dengan meningkatnya kualitas variabel tindakan, kualitas variabel harapan semakin tinggi juga. Hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 15 peserta didik (71%). Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 24 deskriptor (92%), dengan hasil belajar peserta didik semakin tinggi menjadi 17 siswa (80%). Di siklus IV Mengalami peningkatan sebanyak 26 deskriptor (100%), dengan hasil belajar peserta didik semakin tinggi menjadi 21 peserta didik (100). berdasarkan data siklus ini ditemukan pola yang tepat pada penerapan metode role playing berbantuan media gambar untuk meningkatkan yang akan terjadi belajar peserta didik PPKn kelas VII-1 SMPN 5 Praya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Role Playing, Media gambar, PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43627

Actions (login required)

View Item View Item