ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 2 MUMBUL SARI

NAIS KUSMA, DEWI (2023) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDN 2 MUMBUL SARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (618kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan belajar siswa kelas IV di SDN 2 Mumbul sari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriftif, Subjek pada penelitian ini adalah 10 orang tua dari siswa kelas IV di SDN 2 Mumbul Sari, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi, serta instrument yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan bahwa peran orang tua dalam mengembangkan kedisiplinan belajar siswa dapat dilihat dari beberapa aspek yang pertama orang tua sebagai pendidik (educator), bagian-bagian dari orang tua sebagai pendidik untuk meningkatkan kedisipilinan belajar siswa diantaranya: memberikan tugas pada anak, membuat jadwal belajar dirumah, disiplin dalam mendidik anak, yang kedua peran orang tua sebagi pendorong (motivator) yakni: memberikan nasihaat pada anak, memberikan perhatian pada anak, memberi motivasi pada anak yang ketiga orang tua sebagai pengawas (supervisor) yakni: mengawasi anak dalam belajar, mengenali tehnik belajar pada anak yang terahir orang tua sebagai fasilitator yakni menyediakan fasilitas pada anak

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peran Oranng Tua, Kedisipinan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:53
Last Modified: 27 Nov 2023 07:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43628

Actions (login required)

View Item View Item