P E N G E M B A N G A N M E D I A P E M B E L A J A R A N B E R B A S I S TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) BERORIENTASI PADA MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 MATARAM TA H U N P E L A J A R A N 2 0 2 3 / 2 0 2 4

AULIA DINDA DWI, KARTIKA (2023) P E N G E M B A N G A N M E D I A P E M B E L A J A R A N B E R B A S I S TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) BERORIENTASI PADA MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 16 MATARAM TA H U N P E L A J A R A N 2 0 2 3 / 2 0 2 4. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Aulia Dinda Dwi kartika dan Lampirannya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Aulia Dinda Dwi Kartika.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berorientasi pada motivasi dan hasil belajar matematika yang valid, praktis, dan efektif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu sekolah menengah pertama di Mataram. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif mengenai kelayakan media pembelajaran yang diperoleh dari lembar penilaian atau validasi, analisis kepraktisan media pembelajaran yang diperoleh dari angket respon siswa dan respon guru terhadap media pembelajaran, dan analisis keefektifan media pembelajaran yang diperoleh dari hasil posttest. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) media pembelajaran berbasis TPACK layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan kevalidan tinggi. 2) Media pembelajaran berbasis TPACK praktis digunakan sebagai media pembelajaran dengan skor kepraktisan 79,67%. 3) Nilai N-gain untuk peningkatan motivasi belajar matematika siswa sebesar 43,34% dengan kategori sedang, sedangkan untuk peningkatan hasil belajar matematika siswa sebesar 56,74% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran berbasis TPACK layak digunakan, praktis diterapkan untuk pembelajaran, kurang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar, dan cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran, TPACK, Motivasi Belajar Matematika, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 27 Nov 2023 11:45
Last Modified: 27 Nov 2023 11:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43637

Actions (login required)

View Item View Item