PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWTOON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA

ISNAN JUNI, BUDIAWATI (2023) PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI POWTOON DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Isnan Juni Budiawati_E1A019044-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
KBK JIPP_103949.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi Powtoon dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non-equivalent pree-test posttest control grup design. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif, tes hasil belajar dan angket pendapat siswa tentang penggunaan media animasi Powtoon. Subyek penelitian ini adalah 70 orang siswa yang dikelompokkan kedalam 4 kelas XI MIPA yang diambil dari populasi kelas XI MIPA SMAN 1 Wanasaba dengan menggunakan teknik simple random sampling. Analisa data menggunakan uji t, dan uji N-gain. Data kualitatif berupa tanggapan siswa diolah dan dideskripsikan untuk melegkapi data kuantitatif dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Penggunaan media animasi Powtoon juga direspon positif oleh seluruh siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penggunaan media animasi Powtoon berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Rekomendasi dari penelitian ini adalah guru bisa menggunakan media animasi Powtoon sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media animasi Powtoon, berpikir kreatif, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 00:16
Last Modified: 28 Nov 2023 00:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43647

Actions (login required)

View Item View Item