PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SEL KELAS XI DI SMAN 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2023/2024

NASIPATUL, PAJRIATI (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERPIKIR TINGKAT TINGGI PADA MATERI SEL KELAS XI DI SMAN 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_NASIPATUL PAJRIATI_E1A018063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_NASIPATUL PAJRIATI_E1A018063.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Aktivitas peserta didik di dalam kelas turut dipengaruhi oleh perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru salah satunya yaitu LKPD. Saat ini LKPD yang digunakan oleh guru masih bersumber dari buku paket atau internet sehingga siswa kurang tertarik dan tidak menggunakan kemampuannya untuk berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui respon siswa terhadap LKPD berpikir tingkat tinggi materi sel. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Masbagik, Lombok Timur. Sampel penelitian diambil secara random, sedangkan pengembangan LKPD menggunakan model ADDIE. Uji coba kelompok kecil menggunakan 5 orang siswa, sedangkan uji coba lapangan terbatas menggunakan 50 orang peserta didik sebagai subjek. Validasi LKPD dilakukan oleh tiga orang ahli (validator) yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Hasil belajar siswa dan informasi penelitian diperoleh dari tanggapan responden. Pada uji coba kelompok kecil, respon peserta didik terhadap LKPD terbagi dalam dua kategori yaitu sangat dapat diterapkan dengan persentase 80% dan dapat diterapkan dengan persentase 20%. Sedangkan pada uji coba lapangan terbatas diperoleh persentase 89,7% dengan kategori sangat layak dan sangat dapat diterapkan. Hasil belajar yang diperoleh pada uji coba lapangan terbatas 92,8% siswa mampu menjawab LKPD dengan benar, namun 7,2% masih memberikan jawaban yang salah sehingga menghasilkan rata-rata 85,6. Nilai ratarata hasil belajar yang dicapai pada uji coba lapangan terbatas sebesar 87,6. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada materi sel.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir tingkat tinggi, LKPD, Sel.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:12
Last Modified: 28 Nov 2023 06:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43654

Actions (login required)

View Item View Item