PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS XI DI MAN 1 MATARAM

Putri Devi, Fitriati (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI SISWA KELAS XI DI MAN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Putri Devi Fitriati-E1A018078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
1737-Article Text-8566-1-10-20231027 (2).pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa dalam berpikir kritis kurang berkembang sebagai akibat dari proses pembelajaran yang membosankan, menjadikan siswa tidak aktif dalam belajar menemukan jawabannya sendiri yang membuat hasil belajar tidak kekal dalam ingatan siswa. Model discovery learning dipilih sebagai alternatif pemecahan masalah karena pentingnya pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk mengamati, menemukan, memecahkan, dan menyimpulkan sendiri apa yang mereka amati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kesadaran metakognitif dan penguasaan konsep biologi siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari masing-masing dua kelas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan menggunakan pendekatan cluster random sampling. Pretest-posttest control group design digunakan untuk penelitian ini. Kuesioner Metacognitive Awareness Inventory (MAI) dan bentuk pertanyaan pilihan ganda adalah instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen memiliki tingkat kesadaran metakognitif dan penguasaan konsep biologi yang lebih tinggi secara signifikan dibandingkan pada dua kelas kontrol. Penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap kesadaran metakognitif dan penguasaan konsep biologi siswa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, Kesadaran Metakognitif, Penguasaan Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:12
Last Modified: 28 Nov 2023 06:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43655

Actions (login required)

View Item View Item