PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 DI MAN 1 MATARAM

SULISTIA, SAFITRI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 DI MAN 1 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SULISTIA SAFITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKELSULISTIA SAFITRI.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran think pair share untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS 3 di MAN 1 Mataram. Penelitian ini mengunakan penelitian Tindakan kelas dengan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahap penelitian ini dilakukan melalui observasi awal, perencanaan, Tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian Tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 3 di MAN 1 Mataram, sementara informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan tingkat kemampuan pemecahan masalah yaitu 69%, kemampuan bertanya 71%, dan penerapan model think pair share oleh guru yaitu 75%. Selanjutnya pada siklus 2 menunjukkan tingkah kemampuan pemecahan masalah siswa 79%, kemampuan bertanya 80%, dan penerapan model think pair share oleh guru yaitu 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Think Pair Share, Pemecahan Masalah, Bertanya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:12
Last Modified: 28 Nov 2023 06:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43658

Actions (login required)

View Item View Item