PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VLOG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 DI SMAN 3 MATARAM

RAHMA, WATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VLOG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 DI SMAN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Rahmawati.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media vlog untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 3 Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan penelitian ini dilakukan melalui observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 3 di SMAN 3 Mataram, sementara informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media vlog terlaksana 67% dan tingkat keaktifan belajar siswa yaitu 63%. Selanjutnya pada siklus 2 menunjukkan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media vlog terlaksana 93% dan tingkat keaktifan belajar siswa yaitu 80%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Student Facilitator And Explaining, Media Vlog, Keaktifan Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:12
Last Modified: 28 Nov 2023 06:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43660

Actions (login required)

View Item View Item