RAHMA, WATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA VLOG UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 3 DI SMAN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI RAHMAWATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
Text
Artikel Rahmawati.pdf Download (177kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining berbantuan media vlog untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 3 Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan penelitian ini dilakukan melalui observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI IPS 3 di SMAN 3 Mataram, sementara informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian siklus 1 menunjukkan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media vlog terlaksana 67% dan tingkat keaktifan belajar siswa yaitu 63%. Selanjutnya pada siklus 2 menunjukkan penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media vlog terlaksana 93% dan tingkat keaktifan belajar siswa yaitu 80%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Student Facilitator And Explaining, Media Vlog, Keaktifan Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 06:12 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 06:12 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43660 |
Actions (login required)
View Item |