KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL SETARA PISA PADA SISWA KELAS X DI SMAN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2022 / 2023 DITINJAU DARI TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE

SYASFIA, ZURRIATINNISA (2023) KESULITAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL SETARA PISA PADA SISWA KELAS X DI SMAN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2022 / 2023 DITINJAU DARI TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI - Syasfia Zurriatinnisa (E1R018081).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
Artikel - Syasfia Zurriatinnisa (E1R018081).pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam mengerjakan soal setara PISA konten shape and space ditinjau berdasarkan level tingkat berpikir van Hiele. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 subjek kelas X di salah satu SMAN di Kota Mataram dengan menggunakan instrumen VHGT dan soal setara PISA serta dilakukannya wawancara mendalam terkait jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa berada pada tingkat berpikir visualiasi, analisis, dan deduksi informal. Kesulitan yang dialami siswa dengan tingkat berpikir visualisasi sama dengan siswa pada tingkat berpikir analisis yakni ditemukan kesulitan dalam beberapa aspek seperti pemahaman bahasa, persepsi visual, transfer pengetahuan dan kemampuan berhitung. Kesulitan siswa dengan tingkat berpikir deduksi informal terjadi pada 3 aspek yakni persepsi visual, transfer pengetahuan dan kemampuan berhitung. Pada pemahaman bahasa terjadi pada siswa dengan tingkat berpikir visualisai mencakup pemahaman atau kekeliruan siswa terhadap maksud soal dan kemampuan siswa mengubah soal ke dalam bentuk matematika. Kesulitan pada aspek persepsi visual siswa berhubungan dengan kemampuan siswa memvisualisasikan konsep-konsep matematika yang ada pada soal. Aspek transfer pengetahuan memfokuskan pada bagaimana siswa menghubungkan konsep-konsep yang ada, dan aspek berhitung terkait dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan angka.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kesulitan siswa, PISA, shape and space, van Hiele
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 28 Nov 2023 06:12
Last Modified: 28 Nov 2023 06:12
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43661

Actions (login required)

View Item View Item