PENGARUH MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023

MOHD. RAIHAN, NUDIN (2023) PENGARUH MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 15 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Prposal_Skripsi_Mohd.Raihannudin_E1E216114..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Macromedia Flash terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 15 mataram. Penelitiaan ini adalah penelitian Quasi Experimental Desing tipe nonequivalent control group desing. Populasi dalam penelitiann ini adalah siswa kelas V di SDN 15 Mataram. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 15 Mataram. Metode pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada mata pembelajaran IPA. Sedangkan observasi digunakakan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran mengunakan media macromedia flash. Uji perasyarat analisis data menggunakan uji normalitas, dan uji homogenitas, sedankan uji hipotesis digunakan untuk mengambil keputusan didasrkan analisis data, maka di lakukan uji Independen Sampel T-Test di peroleh nilai thitung > ttabel dengan 7,082 lebih besar 2,018 atau nilai [Sig. (2-tailed)] 0.000 ≤ 0.05 yang artinya HO ditolak. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh media Macromedia Flash terhadap hasil belajar IPA siswa kela V SDN 15 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Macromedia Flash, Hasil Belajar, IPA SD.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 29 Nov 2023 00:27
Last Modified: 29 Nov 2023 00:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43664

Actions (login required)

View Item View Item