EFEK MEDIA PENDINGIN KADAR AIR GARAM TERHADAP UJI IMPAK, KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA STAINLESS STEEL AISI 304 HASIL PENGELASAN SMAW

DIONESIUS AVENTINO, CHRISTIANO NALA (2023) EFEK MEDIA PENDINGIN KADAR AIR GARAM TERHADAP UJI IMPAK, KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO PADA BAJA STAINLESS STEEL AISI 304 HASIL PENGELASAN SMAW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR DIONESIUS AVENTINO CHRISTIANO NALA F1C118008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal isi Dionesius Aventino C. Nala.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Jurnal cover Dionesius Aventino C.N.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Pengelasan SMAW (Shielded Metal Arc Welding) adalah salah satu metode pengelasan busur listrik yang juga dikenal sebagai pengelasan elektroda terlindung. Ini merupakan salah satu metode pengelasan paling umum yang digunakan dalam berbagai industri, konstruksi, perbaikan, dan banyak aplikasi lainnya. Media pendingin juga salah satu faktor penting yang mempengaruhi hasil pengelasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat ketangguhan impak dan juga menyelidiki pengaruh dari media pendingin kadar air garam dari hasil pengelasan SMAW baja stainless steel AISI 304 dengan variasi media pendingin kadar air garam setelah melalui proses quenching. Untuk penggunaan kadar garam yang akan digunakan adalah 45 gr , 90 gr dan 130 gr, pada penelitian ini menggunakan tambahan aquades, dimana aquadestelah mengalami proses penyulingan atau deionisasi sehingga menghasilkan air murni yang bebas dari zatzat yang dapat mengkontaminasi atau mengotori air. Hasil dari penelitian yang dilakukan selama 1 bulan, diketahui bahwa hasil pengelasan menggunakan media pendingin kadar air garam menghasilkan, Semakin tinggi kadar air garam dalam media pendingin, semakin meningkat kekuatan impak pengelasan, dengan media pendingin kadar air garam 130 gr menghasilkan kekuatan impak lebih besar daripada kadar air garam 45 gr dan air laut . nilai rata-rata kekerasannya meningkat seiring peningkatan kadar garam, seperti pada media pendingin air laut (58 HRB), 45 gr garam (60 HRB), 90 gr garam (63,7 HRB), dan 130 gr garam (66,7 HRB). Data hasil uji kekerasan diperoleh setelah melakukan pengambilan data.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengelasan, SMAW, media pendingin, kadar air garam, quenching
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 30 Nov 2023 04:07
Last Modified: 30 Nov 2023 04:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43685

Actions (login required)

View Item View Item