SALDILA, NURLAILI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI KEHIDUPAN SEHARI-HARI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMAN 1 PRAYA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SALDILA NURLAILI (E1M019078).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
Jurnal.pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD berorientasi kehidupan seharihari terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMAN 1 Praya Timur. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalen control group design pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini meliputi semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Timur sebanyak 93 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan perhitungan N-Gain dan uji-t. Hasil analisis data diperoleh N-Gain kelas eksperimen 0.679 lebih besar dari N-Gain kelas kontrol, yaitu 0.596 dan thitung (2.107) > ttabel (1.999) pada taraf sigifikansi 5%. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar, dan uji-t menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan LKPD memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari memberikan pengaruh positif (yang lebih baik) terhadap hasil belajar kimia materi larutan penyangga kelas XI IPA SMAN 1 Praya Timur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model Problem Based Learning (PBL), LKPD berorientasi kehidupan sehari-hari, hasil belajar, larutan penyangga. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 01 Dec 2023 08:40 |
Last Modified: | 01 Dec 2023 08:40 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43689 |
Actions (login required)
View Item |