PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI KEHIDUPAN SEHARI-HARI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMAN 1 PRAYA TIMUR

SALDILA, NURLAILI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN LKPD BERORIENTASI KEHIDUPAN SEHARI-HARI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMAN 1 PRAYA TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SALDILA NURLAILI (E1M019078).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (386kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan bagaimana pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD berorientasi kehidupan seharihari terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMAN 1 Praya Timur. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan rancangan nonequivalen control group design pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini meliputi semua siswa kelas XI IPA SMAN 1 Praya Timur sebanyak 93 siswa yang tersebar dalam 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan perhitungan N-Gain dan uji-t. Hasil analisis data diperoleh N-Gain kelas eksperimen 0.679 lebih besar dari N-Gain kelas kontrol, yaitu 0.596 dan thitung (2.107) > ttabel (1.999) pada taraf sigifikansi 5%. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar, dan uji-t menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan LKPD memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari memberikan pengaruh positif (yang lebih baik) terhadap hasil belajar kimia materi larutan penyangga kelas XI IPA SMAN 1 Praya Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model Problem Based Learning (PBL), LKPD berorientasi kehidupan sehari-hari, hasil belajar, larutan penyangga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:40
Last Modified: 01 Dec 2023 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43689

Actions (login required)

View Item View Item