PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 MARIA TAHUN AJARAN 2021/2022

YUSNITA, ALPIYANAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 MARIA TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Yusnita Alpiyanah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yakni proses pembelajaran yang terlaksana pada kelas IV SDN 3 Maria masih terkategori belum efisien sehingga mengakibatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini yaitu guna mengenali pengaruh model pembelajran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis peseta didik kelas IV SDN 3 Maria tahun ajaran 2021/2022. Subyek penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SDN 3 Maria. Jenis penelitian yang digunakan ialah pre eksperimen tipe one group pre-test posttest. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes berupa soal pilihan ganda dan lembar observasi untuk melihat keterlaksanaan model pembelajaran mind mapping. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesisis menggunakan uji paired sample T-test. Hasil observasi keterlaksanaan model pembelajaran mind mapping didapat persentase keseluruhan indikator sebesar 93,75% yang menunjukkan bahwa pembelajaran sudah terlaksana dengan baik. Hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik sudah terlaksana dengan baik terlihat dari rata-rata ketuntasan hasil belajar posttest sebesar 75 lebih tinggi dari rata-rata pretest sebesar 62,05. Hasil uji validitas dengan menggunakan bantuan SPSS 21 for windows, dari 30 soal yang telah disusun didapat 20 item yang dinyatakan valid. Sedangkan hasil uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach's Alpha didapat nilai r hitung 0,931 ≥ 0.361., sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen yang digunakan reliabel. Adapun hasil uji hipotesis menggunakan Paired-Sample Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima, maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 3 Maria Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran, Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Dec 2023 08:40
Last Modified: 01 Dec 2023 08:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43693

Actions (login required)

View Item View Item