KONTRIBUSI MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN2022/2023

MELTI FILA, SANANTI (2023) KONTRIBUSI MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MASBAGIK TAHUN AJARAN2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi minat belajar dan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri yang berjumlah 168 dengan responden yang berjumlah 50 siswa yang dipilih secara acak dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa kuesioner untuk variabel minat belajar dan kemampuan awal menggunakan nilai ujian akhir semester, sedangkan untuk variabel hasil belajar dengan tes yang berisikan 4 soal uraian. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada tanggal 15 Juni – 15 Juli tahun 2023 di SMA Negeri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,440 dimana persamaan garis regresinya yaitu Y = 98,494 + 0,374X, 2) terdapat pengaruh signifikan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri tahun ajaran 2022/2023 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,380 dimana persamaan garis regresinya yaitu Y = 53,533 + 0,283X, 3) terdapat pengaruh signifikan minat belajar dan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri tahun ajaran 2022/2023 dengan persamaan Y = 110,711 + 0,270 + 5,383 dengan koefisien korelasi sebesar 0,872 nilai tersebut menunjukkan hubungan yang kuat secara bersama-sama antara minat belajar dan kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hasil belajar, minat, kemampuan awal, matematika, kontribusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Dec 2023 00:42
Last Modified: 05 Dec 2023 00:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43703

Actions (login required)

View Item View Item