PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJILSMP NEGERI 5 KOPANG TAHUN AJARAN2022/2023

WINDA MIFTAHUL, JANNAH (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GANJILSMP NEGERI 5 KOPANG TAHUN AJARAN2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI WINDA MIFTAHUL JANNAH E1R117027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
5816-Article Text-29185-1-10-20231102.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar matematika, (2) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika, (3) Pengaruh kemandirian dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif desain Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah kelas VII Siswa SMP Negeri 5 Kopang Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 102 orang. Dengan sample siswa kelas VII SMPN 5 Kopang yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket yang berisi 20 pernyataan dan soal tes yang berisi 4 pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kopang sebesar 0.632. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kopang sebesar 0,595. 3) Selanjutnya terdapat pengaruh positif antara kemandirian belajar dan kedidiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kopang sebesar 0.712. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII semester ganjil SMP Negeri 5 Kopang Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemandirian Belajar, Kedisiplinan Belajar, Matematika, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 05 Dec 2023 00:42
Last Modified: 05 Dec 2023 00:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43704

Actions (login required)

View Item View Item