PERBANDINGAN KADAR METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK AKAR WANGI (Vetiveria zizanioides L.) BERDASARKAN FAKTOR NAUNGAN GUNA MENDUKUNG PERKULIAHAN KIMIA BAHAN ALAM

RIZKI DWI, AGUSTIN (2023) PERBANDINGAN KADAR METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK AKAR WANGI (Vetiveria zizanioides L.) BERDASARKAN FAKTOR NAUNGAN GUNA MENDUKUNG PERKULIAHAN KIMIA BAHAN ALAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RIZKI DWI AGUSTIN_E1M019077_063924.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_RIZKI DWI AGUSTIN_E1M019077_064054.pdf

Download (701kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kadar metabolit sekunder tanaman akar wangi, serta untuk mengembangankan media buletin yang diharapkan dapat mendukung perkuliahan Kimia Bahan Alam. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan Research and Development model 4D (define, design, develop, disseminate) oleh Thiagarajan. Penelitian dilaksanakan di laboratorium kimia bersama, laboratorium analitik. Penyebaran angket dilakukan di ruang kelas. Ekstrak akar wangi yang digunakan berasal dari tumbuhan berdasarkan faktor naungan. Eksperimen dilakukan dengan 2 tahapan, yaitu skrining fitokimia dan analisis GC-MS. Berdasarkan uji yang dilakukan dapat diperoleh data bahwa kadar metabolit sekunder ekstrak akar wangi pada sampel tanpa naungan memiliki persentase kadar lebih besar dibanding sampel dengan naungan. Sementara sampel dalam pengembangan media menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel adalah mahasiswa program studi Pendidikan Kimia angkatan 2020 semester VII yang telah memprogramkan dan mengikuti perkuliahan kimia bahan alam. Teknik pengumpulan data pengembangan media buletin dilakukan dengan lembar validitas dan angket respon mahasiswa. Uji validitas oleh ahli memperoleh nilai V sebesar 0,9 yang termasuk kategori sangat valid, pada uji coba terbatas memperoleh persentase praktikalitas sebesar 86% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buletin layak dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Akar Wangi, Naungan, Skrining Fitokimia, GC-MS, Media Buletin
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:55
Last Modified: 11 Dec 2023 06:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43732

Actions (login required)

View Item View Item