PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 16 KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

MUHAMMAD, ABIMANYU (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES BERBANTUAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN 16 KOTA BIMA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD ABIMANYU (E1E016093).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Examples non examples berbantuan media kartu bergambar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa di sekolah. Model pembelajaran yang mampu maningkatkan keterampilan menulis salah satunya adalah Examples non examples. Model pembelajaran Examples non examples merupakan jenis pembelajaran yang memanfaatkan gambar dalam menyampaikan materi pembelajaran. Metode penelitiaan ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental. Subjek dalam penelitiann ini adalah siswa kelas IV di SDN 16 kota Bima. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 16 kota Bima. Metode pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Tes digunakan untuk mengukur keterampila, pengetahuan, intelegensi kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Sedangkan observasi digunakan untuk mengetahui secara langsung dengan cermat terhap kegiatan menulis karangan deskripsi siswa. Uji perasyarat analiasis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipoteis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil, terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Examples non examples berbantuan media kartu bergambar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa. dapat diperoleh nilai [Sig. (2-tailed)] 0.041 ≤ 0.05 yang artinya Ha diterima dan HO ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis deskrpsi kelompok kontrol dan kemampuan menulis deskripsi kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:55
Last Modified: 11 Dec 2023 06:55
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43739

Actions (login required)

View Item View Item