PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SASAK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS III DI SD ISLAM YAROJA

BAIQ NUINSA SOHI, FATRANI (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL SASAK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TOLERANSI SISWA KELAS III DI SD ISLAM YAROJA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Baiq Nuinsa Sohi Fatrani E1E019061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
FILE JURNAL SOHI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk melihat dan menghasilkan sebuah produk berupa media Pop Up Book pada muatan materi toleransi yang berbasis kearifan lokal Sasak kelas III di SD Islam YAROJA. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan pendekatan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian pengmbangan ini melibatkan seluruh siswa kelas III SD Islam YAROJA yang berjumlah 16 siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa selaku pengguna dari produk atau media dan objek dalam penelitian yakni media pembelajaran Pop Up Book. Hasil penelitian (1) media pembelajaran Pop Up Book untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas III SD Islam Yaroja dapat diuji keefektifannya,(2) nilai persentase rata-rata hasil validasi media 89%, validasi materi 84%, dan respon guru tehadap media 94% yang dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran, (3) respon siswa terhadap media didapatkan melalui angket dengan rata-rata nilai 98,5% yang dikategorikan sangat layak, (4) uji keefektifan media dilakukan dengan perhitungan N-Gain Skor dari hasil perbandingan nilai siswa sebelum dan sesudah penggunaan media melalui Post Test dan Pre Test yang menghasilkan rata-rata nila N-Gain Skor adalah 0,66 yang dikategorikan efektif untuk meningkatkan sikap toleransi siswa kelas III SD iSlam YAROJA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengembangan, media pembelajaran, pop up book, sikap toleransi, kearifan Lokal Sasak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 12 Dec 2023 23:46
Last Modified: 12 Dec 2023 23:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43748

Actions (login required)

View Item View Item