HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN KEJADIAN RETINOPATI DIABETIK PADA KOMUNITAS PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DI KOTA MATARAM NTB

Ranti Filarma Negara, Purnama (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN KEJADIAN RETINOPATI DIABETIK PADA KOMUNITAS PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DI KOTA MATARAM NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI_Ranti Filarma Negara Purnama_H1A020095.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Publikasi Ilmiah_Ranti Filarma Negara Purnama_H1A020095.pdf

Download (567kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Diabetes melitus (DM) merupakan gangguan metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia. Peningkatan kasus DM yang terjadi setiap tahun dapat menyebabkan peningkatan komplikasi DM salah satunya yaitu retinopati diabetik. Retinopati diabetik (RD) dapat mengancam terjadinya kebutaan akibat kerusakan pada kapiler retina yang disebabkan oleh hiperglikemia kronik. RD menjadi komplikasi kedua terbanyak pada kasus DM di Indonesia, sehingga untuk menurunkan kejadian RD, pengetahuan terkait manajemen penyakit menjadi faktor penting dalam perjalanan penyakit DM. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan pada penderita diabetes melitus tipe 2 dengan kejadian retinopati diabetik pada komunitas PROLANIS di Kota Mataram NTB. Metode: Analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian ini adalah pasien DM tipe 2 yang bergabung dalam komunitas PROLANIS di Kota Mataram. Metode pengambilan sampel menggunakan Consecutive sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 44 responden. Hasil: Terdapat 23 (52,3%) responden yang memiliki pengetahuan tinggi dan 21 (47,7%) responden memiliki pengetahuan rendah. Sebagian besar responden tidak mengalami RD sebanyak 37 (84,1%) dan 7 (15,9%) responden yang mengalami RD. Hasil uji Fisher’s Exact Test menunjukkan adanya hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan penderita diabetes melitus tipe 2 dengan kejadian retinopati diabetik pada komunitas PROLANIS di Kota Mataram NTB (p=0,042). Kesimpulan: Terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan pada penderita diabetes melitus tipe 2 dengan kejadian retinopati diabetik pada komunitas PROLANIS di Kota Mataram NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diabetes melitus, tingkat pengetahuan, retinopati diabetik
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:36
Last Modified: 14 Dec 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43763

Actions (login required)

View Item View Item