Qotrunada, Awantari (2023) PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI QOTRUNADA AWANTARI_E1F019064.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
Text
JURNAL_QOTRUNADA AWANTARI_E1F019064.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan kognitif anak berkaitan erat dengan pengendalian otak sehingga untuk mengembangkan kognitif anak diperlukan upaya stimulasi otak. Salah satunya kegiatan stimulasi otak dapat dilakukan melalui senam otak (Brain Gym). Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh senam otak terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen. dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B Tk Tunas Bangsa yang berjumlah 23 anak. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pernyataan yang telah memenuhi kualitas instrumen. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Tes. Hasil dari penelitian ini adalah nilai (t -10,371 p, 0,000 < 0,005). Pembelajaran Konvensional (M=44,50 SD=1,314 memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah dibanding Pemberian kegiatan brain gym (M=50,45 SD=1,440). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh senam otak (brain gym) terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Senam Otak, Perkembangan Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 07:36 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 07:36 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43765 |
Actions (login required)
View Item |