PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA TAHUN AJARAN 2022/2023

Qotrunada, Awantari (2023) PENGARUH SENAM OTAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS BANGSA TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI QOTRUNADA AWANTARI_E1F019064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_QOTRUNADA AWANTARI_E1F019064.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Perkembangan kognitif anak berkaitan erat dengan pengendalian otak sehingga untuk mengembangkan kognitif anak diperlukan upaya stimulasi otak. Salah satunya kegiatan stimulasi otak dapat dilakukan melalui senam otak (Brain Gym). Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh senam otak terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis penelitian eksperimen. dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B Tk Tunas Bangsa yang berjumlah 23 anak. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pernyataan yang telah memenuhi kualitas instrumen. Analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Tes. Hasil dari penelitian ini adalah nilai (t -10,371 p, 0,000 < 0,005). Pembelajaran Konvensional (M=44,50 SD=1,314 memiliki kemampuan kognitif yang lebih rendah dibanding Pemberian kegiatan brain gym (M=50,45 SD=1,440). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh senam otak (brain gym) terhadap perkembangan kognitif pada anak kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Senam Otak, Perkembangan Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 14 Dec 2023 07:36
Last Modified: 14 Dec 2023 07:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43765

Actions (login required)

View Item View Item